Friday, February 10, 2017

Nggak Melulu Sedih, Begini Jadinya Bila Karya Terinspirasi Patah Hati


MEJA13 -  Seorang penulis andalan Indonesia, Arswendo Atmowiloto pernah menulis bahwa patah hati dan jatuh cinta sangat mudah mendorong seseorang membuat karya seni.

Apakah itu benar? Ya, rupanya hal itu benar adanya.

Dilansir dari CNN Indonesia, sebanyak 14 seniman muda Indonesia membikin pameran di Atrium Plaza Indonesia Level 4, Jakarta Pusat. Bertajuk "Broken Heart Gallery", pameran berlangsung dari 6 Februari hingga 28 Februari 2017. Salah satunya adalah Rebellionik yang membuat instalasi seni unik yang diberi judul 'M_KTBUA'.

"Maaf, kamu terlalu baik untuk aku." Dengan kutipan menggelitik, instalasi seni berbentuk kotak dengan bagian depan gambar bibir yang seolah menelan pil itu sangat mencolok mata.

Apalagi warnanya neon pink terang. Usai menatap lekat gambar unik itu, mata akan tertumbuk pada bagian samping kotak di mana terdapat ribuan pil warna-warni yang ditumpuk dalam sebuah tabung kaca.

Pada sisi belakangnya terdapat seribuan lembar kartu yang bisa diisi dengan tulisan apa pun oleh pengunjung. Kartu unik ini cukup menarik perhatian dan mendapat respons interaktif pengunjung.

Di satu sisi kartu itu, tertulis kalimat, "Ini untuk kamu ____" dan di sisi lainnya ditulis "Maaf, kamu terlalu baik untuk aku."



Ratusan pengunjung yang datang pada pembukaan pameran pun tampak berbondong-bondong menuliskan bermacam kata yang menyiratkan patah hati untuk mengisi bagian yang kosong pada kartu itu.

Mulai nama mantan, nama selebriti, hingga nama pekerjaannya. Seribuan kartu itu lantas dibiarkan saja berserakan di bagian bawah instalasi, sehingga membentuk gundukan tak beraturan.

Terkait karyanya yang mencolok, Rebellionik yang memiliki nama asli Rony Rahardian itu mengatakan penggunakan kutipan di karyanya karena menganggap kalimat itulah yang kerap dipakai pasangan untuk memutuskan hubungan.

Tak hanya memberikan perasaan kecewa, kalimat ini juga dianggap memiliki dampak pada tubuh dan pikiran, sebuah efek samping yang mengingatkan manusia akan efek samping kimiawi obat-obatan. Kalimat 'sakti' itu tak ubahnya seperti menelan pil pahit.

Rony mengaku mendapatkan inspirasi untuk karya ini dari pengalaman hidupnya sendiri. Ia ingin mengajak pengunjung untuk kembali merasakan perasaan saat mendengar kalimat tersebut.

"Saya ingin mengajak orang-orang kembali ke perasaan saat mereka mendengar kalimat ini dan merespons perasaannya, dituangkan saja," katanya.

Selain Rebellionik, seniman lain yang turut serta yakni, Ika Vantiani, Wickana Laksmi Dewi, Ayu Dila Martina, Muhammad Taufiq (Emte), Evelyn Pritt, Abimantra Pradhana, Sekar Puti, Varsam Kurnia, Monica Hapsari, Resatio Adi Putra, Diela Maharanie, Muchlis Fachri, dan Adi Sundoro.

Digelar jelang perayaan Valentine atau dikenal Hari kasih Sayang, pameran seni instalasi 'Broken Heart Gallery' menjadi unik karena mengambil sisi lain dari kisah cinta itu sendiri.

Tidak bernuansa romantis atau berkasih-kasihan, malah menonjolkan pengalaman patah hati. Aisha Habir dan Rega Ayundya, kurator pameran mengatakan karya seni terpilih menampilkan patah hati dengan interpretasi yang berbeda-beda.








Link Alternatif :


www.bintangcapsa.com

www.meja13.net

www.capsa168.com

No comments:

Post a Comment