Tuesday, June 28, 2016

BPOM Jabar Ambil Vaksin Mencurigakan dari Rumah Sakit Bersalin di Bogor


Bandar Capsa - Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Jawa Barat menemukan sejumlah vaksin mencurigakan di kawasan Bogor pada Kamis (23/6) lalu. Hingga saat ini, vaksin tersebut masih diuji lab untuk mengetahui kandungan di dalamnya. Dalam 3 (tiga) hari kedepan, akan diketahui apakah vaksin mencurigakan yang diamankan dari 5 (lima) rumah sakit di Bogor tersebut, palsu atau tidak.

"Vaksin yang kita amankan jumlahnya ada 65 buah dan 4 jenis. (Vaksin) Sedang dilakukan pengujiannya. Hasilnya akan diketahui paling cepat 3 hari kedepan, terhitung mulai hari ini," kata Kepala BBPOM Jabar, Abdul Rahim saat dikonfirmasi di Bogor, Selasa (28/6/2016) sore.

Abdul menyebut, vaksin-vaksin mencurigakan tidak diamankan dari rumah sakit pemerintah, melainkan rumah sakit bersalin di Kabupaten Bogor yang menyelenggarakan imunisasi. 

"Bukan rumah sakit pemerintah, karena biasanya rumah sakit pemerintah itu membeli dari distributor resmi. Dan vaksin-vaksin yang kita amankan ini dibeli dari distributor yang tidak resmi," terang Abdul. Menurutnya, rumah sakit bersalin di Kabupaten Bogor itu lebih memilih membeli di distributor tidak resmi lantaran harga yang ditawarkan lebih murah. Namun, pihaknya masih akan mendalami motif lain di balik itu.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Camelia W. Sumariana yang dihubungi wartawan melalui sambungan telepon mengatakan, bahwa sampai saat ini pihaknya belum menemukan adanya vaksin palsu di wilayah Bogor. 

"Karena vaksin yang dimiliki oleh pemerintah termasuk Pemerintah Kabupaten Bogor aman karena langsung didapat dari PT. Biofarma," katanya.

Meski demikian, pihaknya tetap mengeluarkan surat edaran kepada seluruh Puskesmas di Kabupaten Bogor untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan, termasuk melakukan investigasi terhadap klinik-klinik seperti paraktek bidan dan yang lainnya, juga rumah sakit swasta yang tidak memiliki koordinasi dengan Puskesmas. 

Link Alternatif :
www.bintangcapsa.com
www.meja13.net
www.capsa168.com
ANTI NAWALA : http://192.169.219.143/







No comments:

Post a Comment