Monday, July 25, 2016

Anak Takut Gelap atau Fobia Gelap? Ini Bedanya


Jakarta - Ketakutan berlebihan ternyata bisa terjadi pada siapa saja termasuk pada anak-anak. Berbagai cara akan dilakukan oleh anak-anak seperti menangis atau berteriak untuk menghilangkan rasa takut yang dialami olehnya termasuk takut saat berada di ruangan gelap.

Psikolog anak dan remaja dari RaQQi - Human Development & Learning Centre, Ratih Zulhaqqi menjelaskan kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor termasuk kebiasaan ditakut-takuti sejak kecil sehingga anak tersebut menjadi mengalami ketakutan berlebih. Lalu bagaimana cara membedakan anak mengalami achluofobia (fobia gelap) atau hanya ketakutan biasa?

"Perbedaan keduanya sangatlah tipis. Tapi bisa diperhatikan bila anak mengalami takut berlebihan selama 6 bulan lamanya dan mengganggu aktivitas kehidupan sehari-harinya itu sudah termasuk fobia," lanjut Ratih saat dihubungi oleh detikHealth beberapa waktu lalu.


Sedangkan pada anak yang hanya mengalami takut gelap, biasanya mereka masih mampu berada dalam kondisi gelap. "Ada beberapa orang yang takut gelap tapi masih bisa ke kamar mandi atau masih bisa beraktivitas dalam ruangan gelap. Itu termasuk kondisi yang masih wajar," kata pemilik akun twitter @ratihyepe ini.

Walaupun tidak mengganggu perkembangan anak secara psikologis, ketakutan ini bisa berdampak pada kondisi fisik anak. Terlebih ketakutan akan gelap ini bisa dialami hingga dewasa. Misalnya jika anak menahan kencing lantaran takut ke kamar mandi akibat lampunya mati. Tentu ini bisa berpengaruh pada kesehatannya.

Umumnya anak takut gelap lantaran imajinasinya yang berkembang. Sedikit bayangan gelap yang dilihatnya membuat anak berimajinasi dan membayangkan hal-hal menakutkan seperti hantu ataupun monster. Tontonan ataupun bacaan seram bisa turun memperkuat imajinasi ini. Selain itu kebiasaan menakut-nakuti juga bisa membuat anak berimajinasi hal-hal yang menyeramkan.






AGEN CAPSA

BANDAR CAPSA

BINTANG CAPSA


LINK ANTI NAWALA : http://192.169.219.143/

No comments:

Post a Comment